Skip to content

Menghargai Rasa Sakit

Oktober 10, 2012

assalamu’alaikum

ihwan dan ihwani, Alhamdulillah,,,,

Puji atas kehadiran allah swt. karena atas berkat dan rahmatnya, saya hari ini dapat petunjuk tentang menghargai rasa sakit, saya juga heran kenapa kita harus menghargai rasa sakit, ternyata itu semua ada maksud dan tujuannya.  rasa sakit ini juga dapat di artikan sebagai penebus dosa-dosa dan merupakan peringatan bagi manusia. nah oleh sebab itu jangan mengeluh jika terkena ujian sakit. ihwan dan ihwani tulisan ini saya posting ketika saya sakit perut, pusing, batuk dalam waktu bersamaan sampai2 saya tidak berangkat sekolah selama 2 hari berturut-turut. hehehe, maklum saya baru kali ini sakit sampai parah kayak gini.

Mengapa sih kita bisa sakit perut ? Kenapa kok harus ada sakit perut di dunia ini ? Jawabannya berarti ada sesuatu yang tidak beres dengan perut kita mas ! Perut kemudian telepon ke otak kasih tahu kalo ada “sesuatu”, “barang”, “benda”, “zat” yang berbahaya masuk ke dalam organ pencernaan kita. Terus otak kita kirim sinyal nyeri, mual, muleg, mules, dan kepala senut-senut supaya kita memberi perhatian dan melupakan segala aktifitas kita sejenak. Loh…pak wapan kan lebih enak kita program otak kita supaya gak usah pake acara kembung, mencret, atau ngliyeng ? Boleh…tapi apakah kita segera merespon panggilan ini ? Saya yakin TIDAK ! Karena kita lebih memperhatikan yang kelihatan daripada yang tidak kelihatan.

Ketika tangan kita terpotong silet lalu otak mengirimkan sinyal sakit dan darah menguncur maka kita akan segera menghentikan aktifitas kita, mencuci luka tersebut, dan tempelin tensoplast. Sekalipun luka itu kecil perhatian kita begitu besar. Mengapa ? Karena kelihatan di mata mas atau mbak ! Anehnya, tindakan darurat ini tidak kita lakukan terhadap perut kita atau organ-organ tubuh lainnya yang kasat mata seperti lever, jantung, otak, usus, dan lambung kita ! Yah…itulah manusia ! Anda dan Saya !

Rasa sakit itu perlu supaya kita tahu ada sesuatu yang tidak beres dengan bagian tubuh kita ! Pernah tahu orang yang sakit kusta atau lepra ? Penyakit ini menyebabkan syaraf yang mendeteksi rasa sakit mati ! Artinya, ketika jari kita terpotong, kita tidak merasakan sakit. Ketika kita memasukkan kaki ke sepatu yang kekecilan dan mematahkan jempol kaki kita…kita tidak merasakan sakit. Kita berjalan dengan santainya tanpa tahu kalau ibu jari kaki kita telah patah ! Bisakah anda membayangkan hal itu ? Ketika anda sedang menyeterika baju kemudian handphone anda berbunyi, lalu seterika itu yang anda tempelkan di telinga karena anda pikir itu handphone, namun tidak ada rasa sakit karena terbakar di daun telinga anda ! Itulah akibat hidup tanpa rasa sakit ! MAU ?

Itu semua adalah Anugerah dari Allah swt. Segala sesuatu dari Allah swt itu ada  maksud dan tujuannya ! Demikian dengan rasa sakit ! Seharusnya kita menghargai rasa sakit ini, bersyukur karena kita bisa sakit. Dengan kesakitan kita bisa mengerti nikmatnya kesehatan !

semoga bermanfaat .,,,, wassalamu’alaikum ,,,,

sumber: obat-sakit-perut.html

Iklan

From → Uncategorized

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: