Skip to content

Sakit dalam Islam

assalamu’alaikum

apa kabar ihwan & ihwani , semoga ihwan dan ihwani dalam keadaan sehat wal afiat,,,, aminnn,,,

apa yang ihwan dan ihwani ketahui tentang sakit, pasti udah tau arti sakit. Tenang saya di sini bukan membahas tentang pengertian tentang sakit. Tapi pandangan Sakit di dalam islam. Nah apa itu sakit dalam islam,,,, ???

Sakit bagi seorang muslim adalah sebagai salah satu jalan penebus dosa-dosa kecil yang pernah dibuat dan bisa jadi peringatan dari allah. untuk itu hendaknya ihwan dan ihwani tidak mengeluh dalam menghadapi ujian sakit. dan Orang yang tidak pernah menjalankan salat bukanlah termasuk golongan umat rasulullah saw.(HR. Abu Daud). * Agar sepatutnya merasa kawatir jika kita tidak pernah merasa sakit. saki juga merupakan penebus dosa-dosa kita dan akan menaikkan derajat kita disisi allah. Dengan tidak pernah sakit dikhawatirkan dosa-dosa tidak dihapuskan oleh allah swt. dan derajat kita pun rendah di sisih allah swt. Walaupun begitu kita tidak diperbolehkan berdo’a meminta sakit kepada allah swt.

Seorang yang sudah terbiasa dengan amalan sholeh kemudian ia tertimpa sakit maka pahala amal sholeh tersebut akan terus mengalir walau ia tidak mengerjakan karena sakit.(HR. Bukhari)

Tidak ada penyakit yang menular. Semua penyakit datang nya dari allah swt. contoh: ” jika si B terkena penyakit karena tertular dari si A  maka dari siapakan si A tertular penyakit? Jika penyakit itu menular, pasti si A terkena penyakit karena tertular oleh seseorang. Jika kita menjawab si A terkena penyakit dari Allah swt. maka apakah penyakit pada si B juga bukan karena allah swt? coba ihwan dan ihwani pikirkan.

Walaupun menderita sakit sedemikian parah, tetapi hendaknya jangan berdo’a ataupun mengharap kematian.

mungkin hanya ini yang dapat saya sampaikan ihwan dan ihwani semoga brmanfaat ,,,, saya mohon ma’af apabila ada salah kata / ada kata-kata yang menyinggung ihwan dan ihwani ,,, ya maklumlah manusia tidak ada yang sempurna,,,, and Tetap semangat dalam jalan Allah ,,,
Allah akan bersama kita kalau kita ingat terus sama Allah,,,,

wassalamu’alaikum ,,,,,

Sumber : Buku “Petunjuk Sunnah Dan Adab Sehari-hari”  oleh A. Abdurrahman Ahmad

Iklan

Menghargai Rasa Sakit

assalamu’alaikum

ihwan dan ihwani, Alhamdulillah,,,,

Puji atas kehadiran allah swt. karena atas berkat dan rahmatnya, saya hari ini dapat petunjuk tentang menghargai rasa sakit, saya juga heran kenapa kita harus menghargai rasa sakit, ternyata itu semua ada maksud dan tujuannya.  rasa sakit ini juga dapat di artikan sebagai penebus dosa-dosa dan merupakan peringatan bagi manusia. nah oleh sebab itu jangan mengeluh jika terkena ujian sakit. ihwan dan ihwani tulisan ini saya posting ketika saya sakit perut, pusing, batuk dalam waktu bersamaan sampai2 saya tidak berangkat sekolah selama 2 hari berturut-turut. hehehe, maklum saya baru kali ini sakit sampai parah kayak gini.

Mengapa sih kita bisa sakit perut ? Kenapa kok harus ada sakit perut di dunia ini ? Jawabannya berarti ada sesuatu yang tidak beres dengan perut kita mas ! Perut kemudian telepon ke otak kasih tahu kalo ada “sesuatu”, “barang”, “benda”, “zat” yang berbahaya masuk ke dalam organ pencernaan kita. Terus otak kita kirim sinyal nyeri, mual, muleg, mules, dan kepala senut-senut supaya kita memberi perhatian dan melupakan segala aktifitas kita sejenak. Loh…pak wapan kan lebih enak kita program otak kita supaya gak usah pake acara kembung, mencret, atau ngliyeng ? Boleh…tapi apakah kita segera merespon panggilan ini ? Saya yakin TIDAK ! Karena kita lebih memperhatikan yang kelihatan daripada yang tidak kelihatan.

Ketika tangan kita terpotong silet lalu otak mengirimkan sinyal sakit dan darah menguncur maka kita akan segera menghentikan aktifitas kita, mencuci luka tersebut, dan tempelin tensoplast. Sekalipun luka itu kecil perhatian kita begitu besar. Mengapa ? Karena kelihatan di mata mas atau mbak ! Anehnya, tindakan darurat ini tidak kita lakukan terhadap perut kita atau organ-organ tubuh lainnya yang kasat mata seperti lever, jantung, otak, usus, dan lambung kita ! Yah…itulah manusia ! Anda dan Saya !

Rasa sakit itu perlu supaya kita tahu ada sesuatu yang tidak beres dengan bagian tubuh kita ! Pernah tahu orang yang sakit kusta atau lepra ? Penyakit ini menyebabkan syaraf yang mendeteksi rasa sakit mati ! Artinya, ketika jari kita terpotong, kita tidak merasakan sakit. Ketika kita memasukkan kaki ke sepatu yang kekecilan dan mematahkan jempol kaki kita…kita tidak merasakan sakit. Kita berjalan dengan santainya tanpa tahu kalau ibu jari kaki kita telah patah ! Bisakah anda membayangkan hal itu ? Ketika anda sedang menyeterika baju kemudian handphone anda berbunyi, lalu seterika itu yang anda tempelkan di telinga karena anda pikir itu handphone, namun tidak ada rasa sakit karena terbakar di daun telinga anda ! Itulah akibat hidup tanpa rasa sakit ! MAU ?

Itu semua adalah Anugerah dari Allah swt. Segala sesuatu dari Allah swt itu ada  maksud dan tujuannya ! Demikian dengan rasa sakit ! Seharusnya kita menghargai rasa sakit ini, bersyukur karena kita bisa sakit. Dengan kesakitan kita bisa mengerti nikmatnya kesehatan !

semoga bermanfaat .,,,, wassalamu’alaikum ,,,,

sumber: obat-sakit-perut.html

ilmu-ikhlas

قُلْ إِنَّ صَلاتِي وَنُسُكِي وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِي لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ

Katakanlah :” Sesungguhnya Shalatku, Ibadahku, Hidupku, dan Matiku Hanya untuk Allah tuhan semesta alam. (QS. Al-an’am : 162)

ihwan dan ihwani

Dalam kita jalani kehidupan sehari-hari Sangat sulitnya menanamkan sikap ikhlas dalam setiap aktifitas yang kita lakukan. karena itu, sahal bin sa’ad bertanya , “Rasulullah perakara apa yang paling berat dilakukan oleh kita?” Rasul menjawab, “Ikhlas karena allah, Bukan selain-Nya”.

Sufyan tsauri berkata, “Perkara yang paling sulit untuk diluruskan adalah niat.” Kemudian salah seorang ulama berkata, “Perkara yang paling mulia adalah keikhlasan. Namun, itu yang paling sulit untuk dilakukkan.” Ada juga yang mengatakan, “Sungguh berat menghilangkan sifat riya dalam diri kita, sampai kita kelelahan menanganinya. Karena ikhlas adalah sesuatu yang sangat sulit untuk didapat dan membutuhkan kesungguhan dan keuletan dalam melakukannya. Setiap kali sifa riya sudah hilang dalam diri kita, setan menggida pada celah yang lain”.

Ada juga yang mengatakan, “Alangkah indah dan nikmatnya seseorang yang dapat merasakan keikhlasan walaupun hanya sedetik. Alangkah indah dan nikmatnya orang yang merasakan satu kali sujud yang dia lakukan ikhlas karena allah.”

Salah seorang tabiin berkata, “keikhlasan yang kita lakukan walaupun hanya satu jam akan menyelamatkan kehidupan kita.” Apakah kita mampu untuk melakukan setiap aktifitas kita hanya untuk mencari ridha allah dalam satu jam. satu jam kita ikhlas melakukan kebaikan, seluruh kehidupan kita akan terselamatkan. Ikhlas adalah perbuatan yang sangat mulia.

Mari ihwan/ihwani kita bersama-sama melakukan aktifitas kita tanpa pamprih / ikhlas karena allah ta’ala.

Saya sebagai penulis juga masih belajar untuk ikhlas dalam melakukan aktifitas apapun, kalaau kita niat karena mencari ridha allah niscaya allah akan membalasnya dengan sesuatu yang lebih baik. amiiin…….

sumber : Buku Menjernihkan Hati oleh Amr Khalid

“Buka Puasa Jangan Asal Manis”

Sering kita dengar di masyarakat Indonesia kalau berbuka harus makan yang manis-manis. Padahal itu semua salah penafsiran/ pemahaman di masyarakat. Rasulullah saw. kalau berbuka puasa memang makan manisan tapi manisan yang dimakan Rasulullah saw. itu berasal dari manisnya buah kurma, dan kalau tidak ada buah kurma Rasulullah saw. hanya minum air putih saja.
Manis yang berasal dari buah kurma dan manis yang sering di buat oleh masyarakat kita, berbeda kalau manis yang berasal dari buah kurma itu terdiri dari karbohidrat yang komplek yang bagus untuk pencernaan. Tapi kalau manis yang sering di buat oleh masyarakat kita itu hanya terdiri dari karbohidrat biasa, dan manisan yang dibuat itupun sering menimbulkan penyakit yang beragam. Contohnya : penyakit gula/ diabetes, kelebihan Berat Badan dll.
Makanya kita harus berhati-hati dalam memakan makanan manis agar kita terhindar dari penyakit dan jangan lupa berdo’a sebelum dan sesudah makan agar allah menghindarkan dari makanan-makanan yang tidak bagus untuk tubuh kita.
sekian, apabila ada salah kata dan ada kata-kata yang menyinggung anda saya minta ma’af yang sebesar-besarnya… piss,,,

Wanita Shalihah

Wanita shalihah ibarat Mahkota Suami

         dalam Hadits Qudsi, “Allah Ta’ala berfirman kepada Nabi Daawud As., “Jadilah engkau bagi anak yatim bagaikan seorang ayah yang penyayang ! Dan ketahuilah olehmu bahwa sebagaimana apa yg kau tanam, demikian pulalah buah yg akan kau petik ! Ketahuilah olehmu bahwa wanita yang shalih itu adalah bagaikan raja bermahkota emas bagi suaminya, yg menyejukan mata setiap memandangnya;Sebaliknya wanita yg jahat-khianat bagi suaminya adalah lakasana beban  yang amat berat yang terpikul di atas pundak kepala orang yg renta tua.” (Terjemahan Hadits Qudsi, Maulana Syaikh Nashar bin Muhammad Ibrahim As-Samarqandi, Tanbihul-Ghafiliin, Halaman 129).

assalamu’alaikum wr.wb

alhamdulillah 

atas berkat rahmat ALLAH swt. saya bisa menyelesaikan blog ini, biarpun sederhana tapi insa’allah bisa bermanfaat bagi semua,,,, amin..